Jumat, 10 Juni 2011

Tanya Jawab Penting dalam Kehidupan Seorang Muslim. Part 1

  1. Dari manakah seorang muslim mengambil aqidahnya? Seorang muslim mengambil aqidahnya dari kitabullah dan sunnah Nabi yang shahih yang beliau tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya " Ucapannya itu tiada lain hanyalah yang diwahyukan (kepadanya) " (An-Najm: 3)
  2. Ada berapa tingkatan agama islam? Tingkatan agama islam ada tiga; yaitu: Islam, Iman, Ihsan
  3. Apakah arti islam, dan berapa rukunnya?Islam artinya berserah diri kepada Allah dengan tauhid, tunduk kepada-Nya dengan ketaatan, dan berlepas diri dari syirik dan pelakunya. Rukunnya ada lima, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkannya dalam sabda beliau :                           "Islam itu didirikan atas lima perkara, bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang haq kecuali Allah, dam Muhammad adalah utusan Allah, melaksanakan sholat, membayar zakat, melaksanakan haji, dan puasa bulan ramadhan". (muttafaqun 'alaihi)
  4. Apakah arti iman itu dan berapakah rukunnya? Iman artinya meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan, mengamalkan dengan anggota tubuh, bertambah dengan ketaan dan berkurang dengan kemaksiatan. Allah berfirman: "...supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada)" (Al-Fath: 4)                                                                                 Rasululloh shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Iman itu ada tuju puluhan cabang. Cabang yang tertinggi adalah ucapan " Laa ilaaha illallah" (tidak ada tuhan yang haq selain allah) dan paling rendah adalah menjauhkan gangguan dari jalan. Rasa malu adalah salah satu cabang dari keimanan.(H.R Muslim)Hal ini diperkuat oleh apa yang dirasakan oleh seorang muslim  pada dirinya berupa sikap semangat dalam ketaatan tatkala berada dalam musim-musim kebaikan, dan rasa malas pada musim-musim tersebut ketika melakukan kemaksiatan.Allah berfirman : "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk". (Hud:114)  Ada pun rukunya ada enam. Rasulullah bersabda: "Kamu bersabda kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari kiamat, kepada takdir, baik atau buruknya". (Muttafaqun 'alaihi). dan tunggu lanjutan nya.......

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar